Uncategorized

APG 2018 dan INAPGOC, udah kenal kan?

Namanya Asian Para Games 2018 (*ini berbeda dengan perhelatan Asian Games yang diselenggarakan di 18-8-18 yaa) dan INAPGOC a.k.a Indonesia 2018 Asian Para Games Organizing Committee 

Udah tinggal hitungan hari buat kita menggelar perhelatan olahraga bergengsi se-Asia tahun ini. Ini akan menunjukkan apakah kita lebih baik dari para pendahulu bangsa sebagai tuan rumah di ajang sebesar tersebut. Ada Asian Games 2018 yang ‘demam’-nya sudah merebak kemana-mana dan Asian Para Games 2018 yang sedang buka peluang buatmu ambil peran sebagai salah satu dari 8000 orang volunteer yang terpilih nantinya.

Eh, kamu masih kurang info tentang Asian Para Games 2018, yang kita sebut dengan singkat sebagai INAPG? Mari baca terusss..

Logo INAPG 2018 via https://asianparagames2018.id/
  • Ada kata “Para” yang ambil dari bahasa Ibrani

Merujuk pada pengertian untuk Asian Games, yang merupakan kompetisi olahraga semacam olimpiade yang diperuntukkan pada negara-negara di kawasan Asia. Maka, Asian Para Games bisa diartikan seperti itu namun dengan tambahan keterangan bahwa atlet yang bertanding adalah penyandang disabilitas atau kita sebut dengan istilah difabel di Indonesia. Kata “Para” ini juga digunakan pada asosiasi ditingkat olimpiade yaitu Paralympic, Para Athletes, dan lainnya yang bisa dikepoin lebih lanjut ke Google. Nah ada beda peserta AG dan APG disini dilihat dari atlet yang bertanding yaitu satunya normal satunya difabel.

  • Ada beragam kelas di tiap cabang olahraga atau cabor yang dipertandingkan

    Wheelchair Table Tennis for Male Class via https://www.youtube.com/watch?v=8bo-GVBAx0Q

Ambil contoh untuk cabor Tenis Meja, ada pembagian kelas pertandingan antara atlet difabel yaitu standing untuk main secara berdiri, wheelchair untuk berkursi roda, dan beberapa klasifikasi lagi dari sisi kecacatan yang dimiliki atlet agar mereka bertanding seimbang. Nantinya akan ada 18 cabor diperlombakan dan beberapa diantaranya mungkin ada yang kamu belum pernah dengar. Semisal, cabor yang namanya Boccia, Goal Ball, Lawn Ball?

  • Slogannya; “The Inspiring Spirit and Energy of Asia” yang nunjukin INAPG lebih dari sebuah kompetisi olahraga

    The hall of fame belongs para athletes via https://www.instagram.com/asianpg2018

Berprestasi dengan memiliki keterbatasan bentuk fisik serta mengharumkan nama bangsa dalam kompetisi bergengsi bukanlah suatu hal yang mudah namun bisa diwujudkan. Ini bukan perkara kecacatan yang membatasi, tapi semangat tanpa batas yang menginspirasi. Disadari atau tidak, saat menyaksikan perjuangan para-atlet bertanding serasa ada nilai-nilai hidup yang mengetuk diri sebagai motivasi. Coba kamu bergabung menjadi volunteer, bisa merasakan dan melihat secara langsung tuh! Cek di sini ya!

  • Dihelat per empat tahun, ini ke-3 kalinya APG digelar yang menjadikan pertama kali bagi Indonesia sebagai tuan rumah

    Sebagian kecil coordinator volunteer-nya INAPGOC via https://www.instagram.com/uniiyanisd

Dibentuklah panitia pelaksana Indonesia 2018 Asian Para Games, dengan nama INAPGOC. Terdapat 4 pembagian deputi yang membawahi puluhan divisi untuk saling berkoordinasi mempersiapkan jalannya acara bergengsi ini. Untuk lebih menyukseskan INAPG 2018, ada 8000 orang yang akan diberi kesempatan untuk berperan sebagai volunteer di main event, tertanggal 6-13 Oktober 2018. Beberapa bulan sebelumnya, sudah ada seratusan lebih anak muda terpilih untuk mengisi peran coordinator volunteer. 

Sekian dulu, sampai jumpa di tulisan Uni berikutnya~

*p.s: silakan rajin cek akun instagramnya, di @asianpg2018, untuk info dan perkembangan terbaru

 

Uniiyani SD
@uniiyanisd

2 Replies to “APG 2018 dan INAPGOC, udah kenal kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *