Enduro: oli andal buat andalan semua dari Pertamina

Halow kamU~ yang kemana-mana pasti tak lepas dari naik motor dan mobil kayak aku. Agar pengetahuan kita sebagai penumpang bertambah di akhir 2019 ini, berikut aku berbagi tentang per-oli-an dari si awam yang sejujurnya cuma tahu disupiri dan diboncengi. *(hmm..)

Gara-gara saat naik ojol beberapa waktu lalu, si bapaknya bercerita ke aku kenapa beliau agak lama menjemput. Ternyata si bapak terlalu cepat mengaktifkan lagi aplikasinya untuk jemput sedangkan motornya masih dalam perawatan oli.

Dari penyampaian bapak, disebut-sebutlah produknya Pertamina yang disertai pujian; oli motor terbaik dan oli mobil terbaik“. Karena bawaan ngobrol, aku jadi tersulut untuk kepo dan keterusan telusuri info oli motor punya Pertamina lewat internet. Maka daripada itu, sekalian ku rangkum dengan pengalaman, ya. Lanjut baca aja wahai kamU!

sumber: laman grab(dot)com

Oli atau Pelumas bagian Produk Pertamina Lubricants

Nama Pertamina sepertinya sudah familiar di kepala warga negara Indonesia. Apalagi masyarakat perkotaan dari tempo dulu, mereka pengguna fanatik yang slogannya; kalau dari Pertamina pasti bagus. Udah, begitu.

Produk pelumas yang dikeluarkan Pertamina terbagi dalam merek yang berbeda sesuai peruntukan kendaraan. Ada merek Fastron untuk mobil dan Enduro untuk motor. Pun, dari tiap merek ada lagi label jenisnya agar sesuai untuk hasil terbaik.

Enduro untuk berbagai jenis motor

Nah, berterima kasih pada perkembangan jenis motor yang bermunculan sejalan zaman ternyata produk dari Pertamina pun berkembang. Balik ke cerita si bapak sebelumnya, dulu di awal pakai jenis matik beliau sempat bingung memilih pelumas motornya yang beda dengan jenis bebek.

Hasil dari tanya sana-sini, si bapak jadinya pilih oli motor matic dari produk Pertamina Lubricants yang mereknya Enduro. Macam pelumas yang disediakan Enduro beragam, ini agar performa oli dan tiap jenis motor yang menggunakannya sesuai. Dari racing hingga matik, ada.

Yang paling disukai si bapak, harga oli motor Enduro baginya ramah di kantong dan oli motor ini juga tersedia dimana-mana. Cocok rasanya oleh bapak yang kalau kelupaan ganti oli, beliau bisa tuju tempat terdekat waktu antar-jemput penumpang.

Kalau kamu tipe mager atau tipe tak punya waktu senggang banyak, beli Enduro lewat onlen bisa banget. Nantinya, ganti oli sendiri pun kamu bisa lakukan karena Enduro punya media sosial aktif yang kamu bisa cari tahu tip dan trik-nya.

Ini foto Enduro yang bisa kamu cek lebih lanjut, mana yang jodoh sama motor di sekitarmu. Kali aja waktu nebeng, ada masalah motor sama oli dan kamu ngerti kondisi walau tipis:

sumber: facebook.com/SahabatEnduroID

Sebagai andalan, bagi warga Indonesia sekaligus warganet, mimin media sosialnya Enduro sering berbagi edukasi lewat kontennya. Ini salah satunya, cara menentukan oli mana yang mesti digunakan dari sekian pilihan yang tersedia.

Langkah pertama yaitu lihat indeks kekentalan oli (SAE) di buku manual motor. Indeks tersebut akan menampilkan angka tertentu, misal saja: 10W-40 pada jenis multigrade. Maka, jika jenis multigrade ini, dapat digunakan angka belakang sebagai acuan menentukan kekentalan oli ialah angka 40.

Jadi, oli dengan SAE 10W-40, 20W-40, atau SAE 15W-40 bisa digunakan. Terpenting angka belakang di kode label tersebut sama. Kalau angka yang depan itu biasanya dipakai untuk menunjukkan kekentalan pada kondisi bersalju (winter) di luar negeri. Begitu keterangan mimin Endro.

Sekian dulu cerita per-oli-an yang aku bagi. Cakep juga aku, eh yang biasa numpang jadi agak paham posisinya pembawa penumpang.

Salam,
@uniiyanisd

CategoriesUncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Begin typing your search above and press return to search. Press Esc to cancel.