Posted in Uncategorized

Istilah ” Industri 4.0 “: Pahami Lebih Untuk Hidup di Masa Depan Yang Lebih Cerah

Istilah ” Industri 4.0 “: Pahami Lebih Untuk Hidup di Masa Depan Yang Lebih Cerah Posted on January 31, 20194 Comments

@uniiyanisd

Helloo yoU~

Punya pertanyaan, kenapa di pembahasan kali ini terdapat kata-kata ‘Industri 4.0’ ? Juga, kenapa mesti dibahas? Jawabanku: Penting. Hidup kita ber-revolusi sodara-sodari. Jadi, mari teruskan baca ini hingga selesai.

Beberapa hari lalu, aku berkesempatan hadir dalam kegiatan yang diadakan GeTI. Bersama teman-teman narablog dan tim C2live, kami belajar di kelasnya GeTI di Grand Slipi Tower. Yang kami bahas ya itu tadi, Industri 4.0 untuk Indonesia.

Di Industri 4.0 yang dibicarakan, pemerintah kita telah menyadari adanya perubahan pesat dari cara hidup masyarakat Indonesia dan dunia. Oleh karena itu, ada strategi agar ‘tak terbawa arus deras’ nantinya. Berpijak pada keadaan sumber daya manusia, teknologi dan inovasi.

Kemenperin (Kementrian Perindustrian) lewat pak menteri Airlangga Hartarto, pernah menyampaikan bahwa pemerintah akan memacu sumber daya manusia untuk bisa bertahan bahkan bersaing dalam perkembangan teknologi dan inovasi.

Ditilik dari sejarah, perkembangan industri awalnya dari penggunaan mesin uap yang diistilahkan dengan Industri 1.0 mulai tahun 1784. Berlanjut, perkembangan alat produksi berubah ke mesin bertenaga listrik atau BBM dan menandakan Industri 2.0 dimulai dari 1870.

Terus berevolusi, Industri 3.0 pun hadir dengan ditandainya pemakaian teknologi informasi dan mesin otomasi mulai tahun 1969. Di tahun 2011 diperkenalkanlah penggunaan mesin yang berintegrasi dengan jaringan internet yang menandai era Revolusi Industri 4.0.

IoT atau Internet of Things a.k.a internet untuk segalanya ini menjadikan dunia nyata dan dunia maya saling berkaitan erat, saling mempengaruhi. Ke-khas-an Industri 4.0 ini membuat kita mau tak mau harus melek teknologi berbasis internet karena perlahan versi digital merajai.

Indonesia mengalami bonus demografi dan memilki akses internet yang makin membaik. Ini merupakan kondisi yang mesti diolah bersama agar kualitas hidup perekonomian juga naik.

Ruang lingkup perekonomian di Industri 4.0 ini menjadi tak terbatas wilayah. Selagi terjangkau jaringan internet, peluang usaha terbuka. Tergantung bagaimana eksekusi model usaha nanti penentu berhasil atau tidaknya.

Terkaitlah Industri 4.0 dengan digital marketing, sebab apapun kini usaha skala besar dan kecil menghadirkan diri dalam versi digital. Cara berjualan dan memperkenalkan produk lebih mendapat perhatian jika dapat diakses dengan internet. Maka haluan pun berubah ke arah digital.

Di Indonesia, ada gap antara kemampuan anak-anak muda dengan keahlian dalam digital marketing yang diperlukan di era ini menjadi satu dari sekian hal yang penting untuk ditingkatkan dan diperbaiki. Di bagian inilah, GeTI ambil peran.

Dok. persentasi kelas GeTI

Lalu penasaran, apa itu GeTI? Yaitu singkatan dari Global  Entrepreneur  and  Talent Incubator, yang lebih kurang maksudnya sebagai wadah untuk kita dididik, belajar dan praktik untuk menjadi pengusaha berskala global.

GeTI sebagai bagian usaha dari ATT Group, yang merupakan mitra resmi alibaba.com, membuat kesempatan mengglobal jadi terbuka lebar dengan salah satu fokus sebagai digital marketer.

Digital marketer nantinya menghadapi pasar dunia dan bersaing untuk berhasil jual-beli dengan saingan usaha dari dan di negera lain. Dibutuhkanlah pemahaman untuk istilah B2B-e atau Bussines to Bussines electronic, yang memadai.

Kemampuan dalam digital marketing tersebut bisa ditingkatkan di program GeTI Incubator. Bersesuaian dengan visi GeTI untuk membantu digital marketer sampai pada pencapaian M2C, Manufacture to Consuments.

narablog bersama c2live di kelas GeTI
dok. bersama : narablog x c2live x GeTI

Sembari belajar bersama GeTI, ada namanya: Detalase untuk wadah praktik sekaligus penambah pundi-pundi rejeki sebagai digital marketer.

Bisa klik disini buat tahu lebih banyak bagaimana cara kamu bisa jemput rejeki lewat Detalase. Selamat meraih hidup di masa depan yang lebih cerah.

Sekian dulu.. silakan tanggapannya di kolom komen,
terus baca dan baca yak!
*mpeijumpa, cU~
@uniiyanisd


**Artikel ini..

@uniiyanisd

4 thoughts on “Istilah ” Industri 4.0 “: Pahami Lebih Untuk Hidup di Masa Depan Yang Lebih Cerah

  1. Ini aku agak susah mencerna istilah2nya mbak. Tapi kalau dari sekilas temanya, sepertinya ilmunya berguna bgt buat kita yg ingin berkembang di era digital ini yaa… Thank infonya mbak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!