Sekolah dan Kurikulumnya: Pahami dulu ya Orang Tua/ Wali Murid

Halo kamU~

Beberapa waktu lagi adalah tahun ajaran baru sehingga untuk para orang tua yang memiliki anak usia cukup untuk sekolah perlu menambah informasi. Penting nantinya untuk menemukan titik temu antara ekspektasi dan realita yang akan didapatkan oleh anak sebagai calon murid di suatu sekolah.

Pada artikel kali ini, ada satu sekolah yang bernama MADINA ISLAMIC SCHOOL atau disingkat dengan MIS, yang bisa jadi pilihan orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke tingkat taman kanak-kanak (kindergaten), sekolah dasar (primary) dan sekolah menengah pertama (secondary). Dari namanya, bisa diketahui bahwa sekolah tersebut menekankan nilai keislaman dalam pendidikan murid-muridnya.

Hal pokok dari suatu sekolah yang juga harus dipahami oleh orang tua adalah penggunaan kurikulum dalam pengajaran anak-anak nantinya. MIS menginformasikan bahwa ada tiga kurikulum yang digunakan di sekolah ini yaitu Kurikulum Al-Azhar Cairo untuk studi Islam, bahasa Arab dan tahfidz, Kurikulum Nasional yang disesuaikan dengan DIKNAS, dan Kurikulum Cambridge untuk mata pelajaran matematika, sains dan bahasa Inggris.

graduation foto: madinaschool.sch.id
foto: madinaschool.sch.id

Lewat kurikulum yang disesuaikan oleh MIS ini, diharapkan siswa jadi anak-anak Indonesia mampu memiliki kualitas diri yang mengglobal dengan nilai keislaman. Ada keseimbangan yang diusahakan dalam pembelajaran mereka.

Kurikulum Cambridge yang disebutkan penggunaannya oleh MIS untuk belajar matematika, sains dan bahasa Inggris, punya kelebihan untuk diterapkan. Kurikulum internasional tersebut bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa, baik secara konteks, kebudayaan ataupun nilai-nilai yang dimiliki.

Anak-anak sebagai pembelajar adalah pusat dari sekolah, sehingga dalam kurikulum tersebut pengajarnya mendapatkan program pengembangan dan didorong untuk meningkatkan kinerja serta praktik profesional. Ini membuat para murid MIS terdorong juga mengembangkan kemampuannya.

foto: madinaschool.sch.id

Pembuktian dari pembelajaran di MIS bisa dilihat dari pengujian terhadap materi yang sudah dipelajari oleh anak-anak. Pada kurikulum Cambridge ini, penilaiannya dirancang untuk pengetahuan materi mendalam, secara konsep dan kemampuan berpikir tingkat yang lebih tinggi.

Penilaian bukan hanya soal angka, sebab ada kepercayaan diri anak-anak terhadap kemampuannya belajar dan berkarier, dibangun di sekolah ini untuk masa depan. Sehingga struktur penilaian dari kurikulum Cambridge dirancang fleksibel agar durasi waktu para murid untuk belajar lebih maksimal.

Adapun yang menjadi kerangka untuk dikerjakan dalam belajar matematika, sains dan bahasa Inggris dengan kurikulum Cambridge ini jelas struktur pengajarannya untuk digunakan di kelas-kelas MIS. Serta penyesuaian terhadap perkembangan zaman pun jadi nilai lebih untuk pembelajarannya.

foto: madinaschool.sch.id

Masa depan anak-anak dipengaruhi oleh keputusan orang tua dalam memberikan hak pendidikan mereka. Jika bisa memilih, tidak ada salahnya berikan yang terbaik pada sang anak sebagai generasi penerus bangsa ini. Selamat dan semangat berburu sekolah, ya.

Perihal pendidikan bagaikan lari maraton,

Bersekolah termasuk salah satu dari sekian perjuangan yang harus pelari lakukan,

Sampai jumpa di artikel lainnya,

Salam darikU, @uniiyanisd

Sumber:

https://www.madinaschool.sch.id

https://www.cambridgeinternational.org/languages/indonesia/programmes-qualifications-new/

CategoriesUncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Begin typing your search above and press return to search. Press Esc to cancel.